POLA HIDUP SEHAT

POLA HIDUP SEHAT
Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga.Selain itu, gaya hidup seseorang juga mempengaruhi tingkat kesehatannya. Misalnya, jika Anda suka merokok atau minum-minuman keras, tentu saja itu bukan pola hidup sehat.

     MAKANAN: SUMBER KESEHAAN SEKALIGUS SUMBER PENYAKIT
Fakta menunjukkan bahwa orang-orang zaman dulu memiliki tubuh yang sehat. Padahal, waktu itu belum ada teori mengenai pengertian pola hidup sehat. Anehnya, mereka justru jarang terkena penyakit dan berusia relatif lebih panjang  ketimbang manusia masa kini.
Sebaliknya, di  zaman modern seperti sekarang ini, banyak orang meninggal di usia muda dengan perbagai komplikasi penyakit. Menurut data WHO, tujuh puluh persen kematian dini disebabkan oleh penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Separuh dari jumlah tersebut terkait dengan pola makan yang buruk.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pola makan modern merupakan pemicu utama timbulnya penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, serangan jantung, stroke, dan sebagainya. Beberapa pola makan modern yang tidak sesuai dengan pengertian pola hidup sehat antara lain:
  1. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan lemak serta kurang mengonsumsi serat.
  2. Sering menyantap fast food (makanan cepat saji) yang banyak mengandung pengawet, penyedap rasa, lemak, dan kalori kosong.
  3. Kebiasaan ngemil berlebihan.
OLAHRAGA PENUNJANG SEHAT
Setelah makanan, olahraga juga menentukan tingkat kesehatan kita.  Orang yang gemar berolahraga akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih     baik, sehingga jarang terkena serangan penyakit.Di samping itu, ada beberapa manfaat olahraga yang lain, yaitu:
  1. Aktivitas olahraga dapat memperlancar aliran darah ke otak. Ini diyakini akan meningkatkan daya pikir serta menghindarkan diri dari lemot (lemah otak).
  2. Dengan berolahraga secara teratur, metabolisme dan regenerasi sel-sel tubuh kita akan terjadi lebih cepat, sehingga kita jadi awet muda.
  3. Olahraga teratur dengan cara yang tepat akan menjaga postur tubuh kita tetap langsing dan terhindar dari tumpukan lemak sumber penyakit.
  4. Wajah awet muda dan tubuh langsing karena rajin berolahraga membuat rasa percaya diri kita meningkat.

GAYA HIDUP SEHAT MENENTUKAN KESEHATA
Gaya hidup juga menentukan tingkat kesehatan Anda. Beberapa gaya hidup yang dapat merusak kesehatan Anda:
  • Merokok
    Konon, ada 4000 macam racun yang terkandung dalam sebatang rokok. Racun-racun yang utama adalah zat kimia, nikotin, tar, timah hitam, dan gas karbonmonoksida.
  • Minum-minumankeras
    Menurut WHO, mengonsumsi minuman keras dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Dampak negatif minuman beralkohol bahkan mengalahkan dampak negatif narkoba (opium, kokain, dan lain-lain). 

    Dalam majalah Medicine Internasional, disebutkan segudang efek buruk mengonsumsi minuman keras, berupa gangguan tenggorokan dari mulai radang, pendarahan, hingga yang terburuk adalah kanker tenggorokan.

    Selain itu, minuman beralkohol juga mengakibatkan radang pankreas, wasir, liver, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, serta berbagai penyakit lain yang berujung pada kematian.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia
    Sesungguhnya, obat bukanlah solusi untuk sehat. Obat kimia dalam resep dokter maupun obat-obatan yang dijual bebas di warung sejatinya hanya meredakan gejala, namun tidak mengobati penyakit.

    Jika dikonsumsi terus-menerus, obat-obatan kimia dalam jangka panjang akan menimbulkan sejumlah efek samping seperti gangguan hati, ginjal, dan jantung. Komplikasi berbagai penyakit ini dapat berujung pada kematian.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "POLA HIDUP SEHAT"

Posting Komentar

Clock