JENIS - JENIS PERUSAHAAN


PERUSAHAAN
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang / jas. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan juga berperan sebagai alat dari adan usaha untuk mencapai tujuan (mencari laba). Orang yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha. Perusahaan sendiri memerlukan bahan – bahan dan faktor pendukung lainnya, seperti bahan baku, bahan pembantu, peralatan, dan tenaga kerja. Biaya yang dikeluarkan perusahaaan untuk memebeli bahan baku disebut biaya produksi. Jika barang yang dijual harganya lebih mahal dari bahan baku, maka perusahaan itu untung, dan sebaliknya jika barang itu harganya lebih murah dari bahan baku, maka perusahaan itu rugi.
JENIS – JENIS PERUSAHAAN
  Ekstraktif        : Pemungutan barang/jasa dari alam
  Agraris            : Hasil barang / jasa dari pengolahan lahan di usaha manusia
  Perdagangan  : Produksi dengan membeli barang/jasa kemudian dijual lagi
Industri             : Produksi membuat barang/jasa dari bahan baku menjadi barang  jadi
  Jasa                 : Produksi yang bersifat pelayanan.

PERUSAHAAN EKSTRAKTIF
Perusahaan ini bergerak di bidang usaha penggalian
PERUSAHAAN AGRARIS
Perusahaan ini beergerak dalam bidang pengolahan tanah. Hasilnya diambil dari alam, namun terlebih dahulu diolah tanahnya untuk memperoleh hasilnya. Misalnya perusahaan yang bergerak dibidang pertanian.
PERUSAHAAN INDUSTRI
Perusahaan ini bergerak dalam usaha pengolahan bahan baku samapai menjadi barang jadi atau barang yang siap pakai. Misalnya PT  Semen Gresik.
PERUSAHAAN PERDAGANGAN
Perusahaan ini bergerak dalam bidang usaha pembelian barang untuk dijual kembali, tanpa mengelolah barang yang dibelinya. Misalnya pedagang pakaian.
PERUSAHAAN JASA
Perusahaan ini bergerak dalam bidang usaha jasa atau memberikan pelayanan. Misalnya perusahaan pengangkutan.
Jenis – jenis perusahaan tadi dapat dikelompokam menurut lapangan usahanya menjadi 3 yaitu :
-          Perusahaan Manufaktur adalah semua perusahaan yang menghasilkan barang, penggabunagn dari perusahaan Ekstraktif, Agraris, dan Industri.
-          Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang tanpa mengelolah barang tersebut setelah itu dijual kembali
-          Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa.
Biasanya masyarakat sering menggabungkan beberapa jenis perusahhaan menurut lapangan usahanya dalam satu perusahaan untuk mencapai efisisensi dan efektivitas untuk memperoleh keuntungan.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "JENIS - JENIS PERUSAHAAN"

Posting Komentar

Clock